darcy

Apa itu darcy? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari darcy. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian darcy adalah:

SubjekDefinisi
Migas (Lemigas) (Minyak dan Gas) ?darcy : darcy : Satuan ukuran permeabilitas suatu batuan yang meluluskan cairan yang viskositasnya 1 sentipoise pada beda tekanan 1 atmosfer per sentimeter dengan kecepatan 1 sentimeter per detik. (lemigas.esdm.go.id)
Definisi ?

Darcy adalah satuan untuk mengukur permeabilitas relatif suatu medium terhadap aliran fluida, seperti air atau minyak, dalam ilmu hidrogeologi dan mekanika fluida. Konsep ini diperkenalkan oleh Henry Darcy, seorang ilmuwan Prancis pada abad ke-19, yang melakukan penelitian tentang aliran fluida melalui medium berpori, seperti pasir atau tanah.

Dalam konteks ini, nilai darcy digunakan untuk mengukur seberapa mudah fluida dapat melewati suatu medium poros. Satu darcy setara dengan permeabilitas 1 x 10^-12 meter persegi (m²) atau 1 x 10^-12 cm². Permeabilitas dinyatakan dalam satuan darcy karena dapat memberikan gambaran tentang seberapa cepat atau lambat suatu fluida dapat bergerak melalui medium tersebut.

Dalam praktiknya, konsep Darcy dan satuan darcynya sering digunakan dalam penelitian geologi, rekayasa perminyakan, dan berbagai bidang ilmu yang berkaitan dengan aliran fluida dalam medium berpori.

Istilah Terkait

Permeabilitas: Ini adalah ukuran seberapa mudah fluida dapat mengalir melalui suatu medium berpori. Permeabilitas menggambarkan kemampuan medium tersebut dalam memfasilitasi aliran fluida dan diukur dalam satuan darcy.

Hukum Darcy: Merupakan prinsip dasar dalam hidrogeologi yang menyatakan bahwa laju aliran fluida dalam medium berpori sebanding dengan gradien tekanan dalam medium tersebut. Hukum ini dijelaskan dalam rumus matematis yang menghubungkan laju aliran, permeabilitas, dan perubahan tekanan.

Laju Aliran: Ini adalah jumlah volume fluida yang melewati suatu area dalam waktu tertentu. Dalam konteks Darcy, laju aliran mengacu pada jumlah fluida yang mengalir melalui medium berpori.

Gradien Tekanan: Ini adalah perubahan tekanan per unit jarak dalam suatu medium. Gradien tekanan memberikan indikasi tentang kecepatan atau intensitas aliran fluida dalam medium berpori.

Media Berpori: Merujuk kepada material yang memiliki ruang-ruang kecil atau pori-pori di antara partikelnya. Media berpori seperti tanah, pasir, atau batuan memungkinkan aliran fluida melalui ruang-ruang tersebut, dan konsep Darcy sering digunakan untuk memahami aliran fluida dalam media semacam itu.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata darcy, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai darcy secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “darcy” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.

Iklan Sponsor