Cari Arti Kata

daerah aliran sungai

Apa itu daerah aliran sungai? yang dimaksud dengan daerah aliran sungai adalah kata yang memiliki artinya, silahkan ke tabel. daerah aliran sungai biasanya ada dalam kamus atau glossary berikut ini untuk penjelasan apa arti makna dan maksudnya.


Pengertian daerah aliran sungai adalah:

Subjek Definisi
Geografi ? daerah aliran sungai : keseluruhan wilayah yang airnya bermuara pada sungai induk (sungai utama) bersama dengan anak-anak sungainya jika terjadi hujan.
Geomorfologi ? daerah aliran sungai : Bagain permukaan bumi yang yang airnya mengalir ke dalam sungai yang bersangkutan apabila jatuh hujan.
Pemerintahan ? daerah aliran sungai (DAS) : Suatu daerah tertentu yang bentuk dan sifat alamnya sedemikian rupa, sehingga merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya yang melalui daerah tersebut di fungsinya untuk menampung air yang berasal dari air hujan dan sumber-sumber air lainnya yang penyimpanannya serta pengalirannya dihimpun dan ditata berdasarkan hukum-hukum alam sekelilingnya demi kesinambungan daerah tersebut; daerah sekitar sungai, meliputi punggung bukit atau gunung yang merupakan tempat sumber air dan semua curahan air hujan yang mengalir ke sungai, sampai daerah dataran dan muara sungai.
IPS / Ilmu Pengetahuan Sosial ? daerah aliran sungai : seluruh daerah yang airnya dialirkan oleh sebuah sungai beserta anak-anak sungainya.
Kehutanan ? daerah aliran sungai (DAS) : adalah suatu daerah tertentu yang bentuk dan sifat alamnya sedemikian rupa, sehingga merupakan kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya yang melalui daerah tersebut dalam fungsinya untuk menampung air yang berasal dari curah hujan dan sumber air lainnya dan kemudian mengalirkannya melalui sungai utamanya (single outlet). Satu DAS dipisahkan dari wilayah lain disekitarnya (DAS-DAS lain) oleh pemisah dan topografi, seperti punggung perbukitan dan pegunungan;
Sistem Informasi Tata Ruang Nasional (SITARUNAS) ? daerah aliran sungai : yang selanjutnya disebut DAS adalah suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anak-anak sungainya, yang berfungsi menampung, menyimpan, dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami, yang batas di darat merupakan pemisah topografis dan batas di laut sampai dengan daerah perairan yang masih terpengaruh aktivitas daratan. (Sumber: sitarunas.atrbpn.go.id)
Definisi ?


semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “daerah aliran sungai” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber. Untuk memahami lebih lanjut anda dapat membeli buku glosarium di toko buku terdekat maupun website toko buku online. misalnya beli buku ke Gramedia




Info sponsor! Jika anda tertarik, anda dapat mengikuti kelas online (bimbingan belajar online) atau bisa juga disebut kursus online maupun les private. yang saya lampirkan di bagian bawah atau sisi web ini.
- Squline, platform belajar bahasa asing live dengan instruktur yg profesional.


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata daerah aliran sungai | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan daerah aliran sungai | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia


Bantu Perpanjang Hosting Glosarium.ORG sampai 3 tahun ke depan. Via KitaBisa