Cari Arti Kata

CPT – (Ekonomi / Bisnis)

Apa itu CPT – (Ekonomi / Bisnis)? yang dimaksud dengan CPT – (Ekonomi / Bisnis) adalah kata yang memiliki artinya, silahkan ke tabel. CPT – (Ekonomi / Bisnis) biasanya ada dalam kamus atau glossary berikut ini untuk penjelasan apa arti makna dan maksudnya.


Pengertian CPT adalah:

Subjek Definisi
Perdagangan ? CPT (Carriage Paid To)
CPT sama seperti CFR, hanya saja berlaku untuk semua moda transportasi. Maka penjual turut bertanggung jawab untuk menaikkan dan membayar biaya menaikkannya, termasuk mengatur dan membayar biaya pengantaran barang sampai ke pelabuhan tujuan.
Moda transportasi: laut, air, truk, kereta, atau semua
Tanggung jawab penjual: sama seperti CFR, hanya saja untuk semua moda transportasi
Tanggung jawab pembeli: sama seperti CFR
Pengalihan resiko: saat barang tiba pada jasa angkut pertama
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ? CPT (Carriage Paid To) : Istilah tersebut lazimnya diikuti dengan nama tempat tujuan, adalah suatu kode dalam International Commercial Terms (incoterms) yang maksudnya batas tanggung jawab Seller/Penjual atas barang eksport baik biaya, angkutan dan resiko terbatas sampai dengan barang dimuat diatas angkutan (kapal laut, truk, kereta api dan kapal udara) ditambah dengan biaya angkutan sampai pelabuhan tujuan. Dalam hal ini Seller/Penjual yang bertanggung jawab dalam menyiapkan barang menjadi siap ekspor. Dengan demikian CPT sama dengan CFR. Perbedaannya hanya pada alat angkut CPT dapat dipakai untuk berbagai jenis alat angkut, sedangkan CFR hanya dengan kapal laut.

Batas tanggung jawab tersebut meliputi:
1. Pengangkutan diatur oleh penjual
2. Resiko beralih dari penjual ke pembeli saat barang telah diserahkan ke carrier.
3. Biaya beralih di pelabuhan tujuan, pembeli membayar biaya lain yang timbul di luar kontrak pengangkutan yang atas beban penjual.
4. Bila carrier tambahan lain digunakan untuk pengangkutan ke tempat tujuan yang disetujui, resiko beralih saat barang diserahkan ke carrier pertama.
5. Pengeluaran barang dari pabean ekspor (export clearance) merupakan tanggung jawab penjual. (9)
(Sumber: International Chamber of Commerce)

Definisi ?


semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “CPT – (Ekonomi / Bisnis)” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber. Untuk memahami lebih lanjut anda dapat membeli buku glosarium di toko buku terdekat maupun website toko buku online. misalnya beli buku ke Gramedia




Info sponsor! Jika anda tertarik, anda dapat mengikuti kelas online (bimbingan belajar online) atau bisa juga disebut kursus online maupun les private. yang saya lampirkan di bagian bawah atau sisi web ini.
- Squline, platform belajar bahasa asing live dengan instruktur yg profesional.


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata CPT – (Ekonomi / Bisnis) | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan CPT – (Ekonomi / Bisnis) | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia


Bantu Perpanjang Hosting Glosarium.ORG sampai 3 tahun ke depan. Via KitaBisa