countertrade – (Ekonomi / Bisnis)

Apa itu countertrade – (Ekonomi / Bisnis)? yang dimaksud dengan countertrade – (Ekonomi / Bisnis) adalah kata yang memiliki artinya, silahkan ke tabel. countertrade – (Ekonomi / Bisnis) biasanya ada dalam kamus atau glossary berikut ini untuk penjelasan apa arti makna dan maksudnya.


Pengertian countertrade adalah:

Subjek Definisi
Leksikon Bank Indonesia. (Sumber: istilahbank.blogspot.co.id) ? countertrade : Atau Imbal Dagang, adalah suatu skema perdagangan atau praktik perdagangan internasional dimana pemasok barang/jasa menyetujui suatu persyaratan dalam perjanjian jual beli untuk juga melakukan pembelian (reciprocity) dan menyanggupi suatu persyaratan tertentu sebagai kompensasi dan manfaat bagi pembeli, sehingga pemasok barang/jasa wajib menerima barang atau memberi kompensasi lain kepada pembeli sebagai balasan atau pembayaran sebagian atau seluruh barang/jasa yang dijualnya atau ditukarnya.Barang atau jasa yang dipertukarkan oleh pemasok/penjual barang/jasa dalam skema imbal dagang terdiri dari barang-barang alih teknologi, hak-hak komersial, dan jasa-jasa yang ditransfer melalui ekspor/impor sampai equity participation.Beberapa variasi dalam countertrade diwujudkan dalam bentuk-bentuk sebagai berikut:(1) Barter. : Yaitu bentuk perdagangan “non currency” yang paling tua didunia, dimana perdagangan dilakukan melalui pertukaran barang/jasa dengan barang/jasa secara langsung dan simultan dengan nilai yang dianggap sama atau kira-kira sebanding tanpa menggunakan alat pembayaran lain seperti uang. Barter dalam bentuk awalnya hanya dilakukan dengan perjanjian tunggal tanpa melibatkan pihak ketiga. Dalam barter kedua pihak mempunyai kedudukan yang sama, yaitu sebagai penjual dan pembeli. Dalam perkembangan selanjutnya barter mulai melibatkan instrumen lain atau pihak ketiga sebagai jaminan, yaitu dengan menggunakan :

a). Standby L/C : Yaitu para pihak menerbitkan L/C dengan maksud apabila salah satu tidak puas dengan barang/jasa yang diperolehnya, maka ia dapat mencairkan L/C yang dibuka oleh mitranya.

b). Escrow Account : Yaitu account bank khusus sebagai jaminan, dimana pendapatan (convertible currency dari ekspor) dikumpulkan. Jadi para pihak masing-masing menjualkan barang pihak lawan dagangnya dan hasilnya dimasukkan kedalam Escrow Account. Pencairan Escrow account diatur sesuai kesepakatan dengan partner dagang.
(2) Switch Trade. : Yaitu pihak ketiga yang diberi hak oleh para pihak untuk menjual barang/jasa yang dipertukarkan, sehingga para pihak yang bertukar akan memperoleh mata uang yang diinginkan
(3) Compensation : Yaitu suatu pertukaran barang atau jasa, dimana pemasok barang/jasa menyetujui pembayaran sebagian atau seluruh barang/jasa yang dijualnya dengan barang/jasa lainnya. Bentuk utama dari konpensasi langsung disebut “buyback” sedangkan yang tidak langsung adalah “counterpurchase” (imbal beli).
(4) Counterpurchase : Yaitu suatu persetujuan dimana pemasok barang/jasa menerima sebagian atau seluruh pembayaran dalam bentuk barang/jasa lain. Misalnya pemasok menyetujui untuk membeli atau memasarkan barang/jasa pihak lain yang ditunjuk pembeli.
(5) Offset. : Yaitu suatu bentuk imbal dagang dimana pemasok luar negeri menyetujui untuk melakukan investasi atau kerjasama produksi atau alih teknologi dinegara pembeli barang/jasa atau memberikan peralatan, dan atau bantuan yang diperlukan untuk pendirian industri baru dengan tujuan ekspor, dan atau pembangunan atau perluasan teknologi yang ada dan kemampuan industri (9).
(Sumber: N N).

Definisi ?

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “countertrade – (Ekonomi / Bisnis)” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber. Untuk memahami lebih lanjut anda dapat membeli buku glosarium di toko buku terdekat maupun website toko buku online. misalnya beli buku ke Gramedia


Info sponsor! Jika anda tertarik, anda dapat mengikuti kelas online (bimbingan belajar online) atau bisa juga disebut kursus online maupun les private. yang saya lampirkan di bagian bawah atau sisi web ini.
- Squline, platform belajar bahasa asing live dengan instruktur yg profesional.


Istilah Umum | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata countertrade – (Ekonomi / Bisnis) | artinya apaan sih? | apa maksud perkataan countertrade – (Ekonomi / Bisnis) | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia