built in product – (Multimedia)

Apa itu built in product? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari built in product. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian built in product adalah:

Subjek Definisi
Iklan TV. ? built in product / display : mAdalah penempatan atau pemasangan produk sponsor secara proporsional dalam suatu program.
Definisi ?

Dalam ranah multimedia, istilah ini merujuk pada produk yang sudah ada atau terintegrasi secara bawaan dalam suatu perangkat atau platform tertentu. Ini mirip dengan bawaan atau sudah ada sejak awal.

Dalam dunia multimedia, “built-in product” dapat merujuk pada beragam hal, mulai dari perangkat lunak (software) hingga perangkat keras (hardware) yang terpasang di suatu perangkat atau platform multimedia. Contohnya, dalam smartphone, kamera, aplikasi pemutar musik, dan perangkat lunak pengeditan foto yang sudah ada secara bawaan di dalamnya dapat dianggap sebagai “built-in product”. Mereka merupakan bagian integral dari perangkat itu sendiri dan tidak memerlukan pengunduhan tambahan.

Keberadaan “built-in product” ini seringkali memberikan keunggulan dan kemudahan bagi pengguna. Mereka mempermudah akses dan penggunaan fitur atau layanan tertentu tanpa memerlukan instalasi tambahan, sehingga mempercepat fungsionalitas perangkat multimedia tersebut.

Dalam konteks multimedia, pengertian “built-in product” juga dapat merujuk pada fitur audio, video, atau komponen multimedia lainnya yang sudah tersedia secara langsung dalam suatu perangkat atau platform. Sebagai contoh, speaker dalam sebuah TV atau pemutar media yang sudah terpasang secara bawaan di dalamnya bisa dianggap sebagai “built-in product”.

Konsep ini memungkinkan pengguna untuk langsung menggunakan perangkat multimedia tersebut tanpa harus mencari atau mengunduh produk tambahan, menghemat waktu dan upaya pengguna dalam menyiapkan perangkat untuk digunakan.

Pentingnya pemahaman tentang “built-in product” dalam multimedia membantu pengguna dalam memanfaatkan secara optimal fitur dan kemampuan yang sudah tersedia pada suatu perangkat atau platform multimedia yang mereka miliki. Dengan demikian, hal ini dapat memperkaya pengalaman pengguna dalam menjelajahi dan menggunakan perangkat multimedia mereka.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa “built-in product” dalam dunia multimedia merupakan fitur atau produk yang sudah terpasang atau tersedia secara langsung dalam suatu perangkat atau platform multimedia, memberikan keunggulan dalam kemudahan akses dan penggunaan bagi pengguna tanpa memerlukan instalasi tambahan.

Sebagai Iklan

Pada program televisi, “built-in product” merujuk pada integrasi produk atau merek tertentu ke dalam konten program tersebut. Ini berarti produk atau merek tersebut disisipkan secara alami ke dalam alur cerita atau konten yang sedang ditayangkan.

Misalnya, dalam sebuah acara televisi, jika seorang karakter menggunakan produk tertentu seperti laptop, ponsel, atau minuman tertentu, tanpa menjadikannya terlalu mencolok sebagai iklan yang terpisah, maka hal tersebut dapat dianggap sebagai “built-in product”. Produk tersebut menjadi bagian dari alur cerita dan tampil secara alami dalam adegan tanpa disajikan secara eksplisit sebagai iklan terpisah.

Penggunaan “built-in product” dalam iklan televisi memungkinkan perusahaan untuk memperkenalkan produk mereka kepada pemirsa dengan cara yang lebih tidak terlalu mengganggu alur cerita atau program yang sedang ditonton. Ini dapat membuat produk atau merek lebih terintegrasi dengan konten yang disajikan, sehingga terasa lebih alami bagi penonton.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan “built-in product” dalam iklan televisi tetap harus memperhatikan prinsip kejujuran kepada penonton mengenai pengenalan produk atau merek yang ditampilkan. Ini penting agar tidak menimbulkan persepsi yang menyesatkan kepada pemirsa.

Perbandingan Dengan Paid Promotion Youtube

KriteriaBuilt-in product AdsYT Paid Promotion
Integrasi dalam kontenDisisipkan secara alami dalam alur cerita programTerkadang lebih terpisah, menjadi fokus utama
Waktu tampilanTampil dalam durasi program secara keseluruhanDitampilkan dalam durasi video yang lebih pendek
Kejelasan tujuanLebih terintegrasi dengan alur cerita, kurang terang-teranganLebih jelas sebagai bagian dari promosi atau iklan
Interaksi dengan kontenMenjadi bagian dari cerita, lebih alami dalam konteksBisa memisahkan diri dari konten utama dalam video
Penyampaian pesanTersampaikan secara tidak langsung melalui ceritaLebih langsung, fokus pada fitur atau manfaat produk
Kesan kepada penontonLebih organik, kurang terasa sebagai iklanTerkadang terasa lebih seperti iklan yang terpisah
Kesesuaian dengan audiensTerintegrasi dengan konten, bisa lebih relevan dengan ceritaKadang-kadang terasa kurang cocok dengan konten utama
Pengaruh pada pemirsaDapat lebih mempengaruhi secara tak langsungLebih terfokus pada penonjolan produk secara eksplisit

Penggunaan Kata

KonteksDeskripsiContoh
TeknologiProduk atau fitur yang sudah terintegrasi dalam perangkat secara defaultKamera pada smartphone yang terpasang bawaan
MultimediaKomponen atau perangkat lunak yang sudah ada di dalam sistem multimediaAplikasi pemutar musik yang terpasang dalam perangkat
Peralatan ElektronikBagian dari perangkat keras yang sudah ada sejak pembuatan perangkatSpeaker dalam TV yang sudah terpasang secara default
Bisnis OnlineFitur atau layanan yang tersedia pada platform atau situs tanpa perlu instalasi tambahanAlat analisis data yang sudah tersedia dalam platform
MobilKomponen atau sistem yang sudah terpasang pada kendaraan secara bawaanSistem navigasi yang sudah ada dalam mobil
Peralatan Rumah TanggaBagian dari peralatan rumah tangga yang sudah ada pada produkPanel kontrol yang terintegrasi dalam mesin cuci
Sistem OperasiProgram atau aplikasi yang sudah ada dalam sistem operasi secara defaultAplikasi kalkulator yang terpasang di sistem operasi
Perangkat GamingFitur atau aplikasi yang sudah ada di dalam konsol game secara defaultGame yang sudah diinstal di konsol
Perangkat KesehatanFitur atau sensor yang sudah ada dalam perangkat kesehatan secara defaultSensor detak jantung pada perangkat fitness
Pendidikan OnlineFitur atau alat pembelajaran yang sudah ada dalam platform secara defaultModul pembelajaran yang tersedia di platform online

Istilah Terkait

Embedded System (Sistem Tertanam) : Sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan fungsi khusus atau tugas tertentu dalam suatu sistem yang lebih besar.

Default Setting (Pengaturan Bawaan) : Konfigurasi atau pengaturan yang sudah disiapkan secara otomatis pada suatu perangkat atau sistem, umumnya dianggap sebagai pengaturan standar.

Pre-installed Software (Perangkat Lunak Terpasang Sebelumnya) : Program atau aplikasi yang sudah terdapat dalam perangkat sejak awal atau sebelumnya diinstal, dan siap digunakan tanpa perlu pengunduhan tambahan.

Factory Setting (Pengaturan Pabrik) : Konfigurasi asli atau pengaturan yang diterapkan pada perangkat ketika keluar dari pabrik sebelum pengguna melakukan pengaturan tambahan.

Integrated Hardware (Perangkat Keras Terintegrasi) : Komponen perangkat keras yang sudah terpasang atau terintegrasi dalam suatu sistem atau perangkat dengan tujuan untuk memenuhi fungsi tertentu secara langsung.

Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata built in product, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai built in product secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “built in product” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.