Lompat ke konten

audit

Arti Kata Audit Adalah

Apa sih yang dimaksud dengan kata atau istilah audit? Glosarium.org mengumpulkan beberapa pengertian atau arti dari kata tersebut pada beberapa kamus dan subjek berikut ini: BPK, Keluarga Berencana, Nuklir Batan, Politik, Malaysia, KBBI, dll.

Kita sajikan artinya menggunakan tabel berdasarkan bidang maupun kamusnya, dengan maksud untuk mempermudah penjelasan kata audit.

Pengertian audit adalah:

SubjekDefinisi
Politik (arti & contoh)? audit : pemeriksaan keuangan
Keuangan (OJK). ?– audit : pengumpulan data dan evaluasi secara sistematis dan objektif oleh orang yang kompeten mengenai kegiatan suatu perusahaan (audit).
Keluarga Berencana (KB) ?audit : Pengujian atas kegiatan obyek pemeriksaan dengan cara membandingkan keadaan yang terjadi dengan keadaan yang seharusnya
BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) ? audit : pemeriksaan keuangan, memeriksa pembukuan, suatu pemeriksaan resmi mengenai perkembangan situasi keuangan dari perorangan atau suatu organisasi (umum). ~ lihat pemeriksaan. (bpk.go.id)
Nuklir Batan ?audit : audit : Kegiatan yang dilakukan untuk menentukan dipatuhinya prosedur yang baku, instruksi, spesifikasi, kode, standar, administrasi atau program operasi yang dilakukan dengan pemeriksaan dokumen. (Sumber : batan.go.id – jika ada rumus, kunjungi website sumber.)
KamusDefinisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ?audit : au.dit
[n]
(1) pemeriksaan pembukuan tentang keuangan (perusahaan, bank, dsb) secara berkala;
(2) pengujian efektivitas keluar masuknya uang dan penilaian kewajaran laporan yang dihasilkannya
Malaysia (Dewan) ?audit : (Eko) pemeriksaan dan pengesahan kira-kira (akaun);


~ awal audit yg mula dilakukan sebelum tahun perakaunan yg diaudit itu berakhir;
~ baucar pemeriksaan dokumen asal (spt invois, surat perjanjian, pesanan belian, dll) utk membuktikan sahih tidaknya sesuatu urus niaga sebelum bayaran dibuat;
~ bebas audit yg dilakukan oleh juruaudit luar utk mendapatkan pandangan tentang penyata kewangan sesebuah organisasi;
~ berkala audit yg dilakukan oleh juruaudit luar utk setiap tempoh perakaunan tertentu (spt setiap setengah tahun dan setahun);
~ berkanun audit bebas yg dilakukan pd sesebuah organisasi spt yg diperuntuk oleh undang-undang;
~ bersama audit yg dilakukan secara bersama oleh dua firma audit atau lebih;
~ dalam = ~ dalaman pemeriksaan rekod kewangan dan bukan kewangan sesebuah organisasi oleh organisasi itu sendiri utk memastikan bahawa organisasi dikendalikan dgn betul;
~ hujung tahun audit yg tertumpu pd penentuan tepat tidaknya baki akaun yg terdapat dlm kunci kira-kira;
~ personel (Tadb) audit pd sumber manusia dlm sesebuah organisasi biasanya dilakukan oleh pihak luar, yg meliputi aspek kesesuaian kelulusan staf dgn pekerjaannya, kesesuaian gaji dgn tugas yg dilakukan dsb;

Definisi ?audit : kb, pengujian efektifitas keluar masuknya uang dan penilaian kewajaran laporan yang dihasilkan; pemeriksaan pembukuan keuangan.

Jika kesulitan untuk melihat tabel pada pengguna peramban mobile, saya sarankan untuk mencoba mengusap slide tabelnya ke arah kiri atau menggunakan mode lanskap agar tabel menjadi lebih lebar.

Mengenai definisi kata-kata yang ada pada situs ini semuanya memiliki sumber, oleh karena itu, bagi yang membutuhkan sumber artinya, dapat menghubungi pihak website ini melalui email, facebook, twitter, dan juga Youtube Channel. Akan tetapi dibutuhkan waktu setidaknya satu minggu prosesnya.

Semoga bermanfaat ulasan sederhana ini mengenai arti dari kata audit. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin kata ini akan dilengkapi dengan contoh penggunaan kata dan juga penjelasan yang lebih lengkap dan interaktif melalui video.

Jangan lupa juga Subscribe Youtube channel kita di Glosarium Online ya guys! untuk Update kata-kata menarik, viral dan populer yang ada di situs ini.


Penjelasan singkat | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata audit | artinya apaan sih? | apa maksud kata-kata | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral


audit