Lompat ke konten

atom

Arti Kata Atom Adalah

Apa sih yang dimaksud dengan kata atau istilah atom? Glosarium.org mengumpulkan beberapa pengertian atau arti dari kata tersebut pada beberapa kamus dan subjek berikut ini: Fisika, Geologi EN, IPA, Kimia, Nuklir Batan, Radiokimia, Malaysia, KBBI, dll.

Kita sajikan artinya menggunakan tabel berdasarkan bidang maupun kamusnya, dengan maksud untuk mempermudah penjelasan kata atom.

Pengertian atom adalah:

SubjekDefinisi
IPA ?atom : adalah bagian terkecil dari suatu unsur.


atom : bagian terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat unsur.


atom : bagian terkecil dari suatu zat yang tidak dapat diuraikan menjadi partikel yang lebih kecil lagi dengan reaksi kima biasa


atom : partikel terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki ciri kimia dari unsur tersebut.


atom : partikel yang sangat kecil penyusun suatu benda

Fisika ?atom : adalah bagian terkecil dari suatu unsur.


atom : Atom adalah bagian terkecil dari suatu benda yang masih memiliki sifat dasar benda tersebut. Atom mempunyai ukuran 10 -10 m atau dikenal dengan satu angstrom. Setiap atom terdiri atas sebuah inti atom. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom Hidrogen-1, yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik


atom : sebuah partikel titik mirip dengan muatan negatif; anggota kelompok lepton dan dengan demikian tidak dibagi menjadi partikel yang lebih mendasar.


atom : unit terkecil dari suatu unsur kimia , batas fisika klasik pada panjang skala kecil

Kimia ?atom : Atom adalah satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom beserta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom mengandung campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Demikian pula sekumpulan atom dapat berikatan satu sama lainnya membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan merupakan ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.


atom : Bagian terkecil dari sebuah unsure


atom : Partikel terkecil dari suatu unsur yang, Terdiri dari inti atom yang bermuatan listrik positif, dan elektron bermuatan listrik negatif dimana diantara keduanya merupakan ruang kosong dan elektron berada di sekitar inti pada kedudukan atau tingkat energi tertentu. Dapat berada bebas, misalnya dalam unsur logam dan gas mulia sebagai atom-atom logam atau atom-atom gas mulia. Contoh : atom-atom besi, raksa, platina, emas, dan atom-atom helium, neon, argon, dan kripton. Dapat berada dalam bentuk kombinasi sesamanya dalam bentuk molekul-molekul unsur. Contoh : H2, N2, O2, P4, S8, dan sebagainya. Dapat berada dalam bentuk kombinasi dengan atom lainnya membentuk molekul-molekul senyawa. Contoh : H2O, CO, CO2, SO2, SO3, FeO, Fe2O3, dan sebagainya


atom : Partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi dari suatu zat, dan mempunyai sifat zat tersebut.


atom : bagian terkecil dari suatu unsur yang utuh secara kimia.

Geologi EN ?atom : A building block of matter; combination of protons, neutrons, and electrons, of which 103 kinds are now known.
Radiokimia (ruanganhijau.blogspot.co.id) ?atom : Partikel terkecil dari sebuah Unsur.
Nuklir Batan ?atom : atom : Satuan materi terdiri dari satu inti dikelilingi elektron yang jumlahnya sama dengan jumlah proton di dalam inti. (Sumber : batan.go.id – jika ada rumus, kunjungi website sumber.)
KamusDefinisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ?atom : [n]
(1) unsur kimia yang terkecil (setelah nuklir) yang dapat berdiri sendiri dan dapat bersenyawa dengan yang lain: dua — hidrogen dengan satu — oksigen menjadi molekul air;
(2) ki modern; mutakhir: zaman –;
(3) barang yang terbuat dari plastik: sisir –; ikat pinggang —
Malaysia (Dewan) ?atom 1. : bahagian atau unit yg terkecil drpd unsur kimia yg boleh terlibat dlm sesuatu perubahan kimia: satu molekul air terdiri drpd dua ~ hidrogen dan satu ~ oksigen;
bom ~
bom yg diledakkan dgn tenaga atom;
perang ~ perang yg mempergunakan bom (senjata) atom;
zaman ~ zaman moden (zaman sudah adanya bom atom);
2. : Id, bp (dipakai utk menyatakan sesuatu yg moden, baru atau luar biasa);
ikat pinggang ~ ikat pinggang yg dibuat drpd plastik;
pulpen ~ pen yg tidak perlu diisi dakwat.
Definisi ?atom : kb, barang yang terbuat dari plastik; unsur kimia yang terkecil yang dapat berdiri sendiri serta dapat bersenyawa dengan yang lain.
Sinonimatom
n molekul, partikel, zarah

Jika kesulitan untuk melihat tabel pada pengguna peramban mobile, saya sarankan untuk mencoba mengusap slide tabelnya ke arah kiri atau menggunakan mode lanskap agar tabel menjadi lebih lebar.

Mengenai definisi kata-kata yang ada pada situs ini semuanya memiliki sumber, oleh karena itu, bagi yang membutuhkan sumber artinya, dapat menghubungi pihak website ini melalui email, facebook, twitter, dan juga Youtube Channel. Akan tetapi dibutuhkan waktu setidaknya satu minggu prosesnya.

Semoga bermanfaat ulasan sederhana ini mengenai arti dari kata atom. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin kata ini akan dilengkapi dengan contoh penggunaan kata dan juga penjelasan yang lebih lengkap dan interaktif melalui video.

Jangan lupa juga Subscribe Youtube channel kita di Glosarium Online ya guys! untuk Update kata-kata menarik, viral dan populer yang ada di situs ini.


Penjelasan singkat | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata atom | artinya apaan sih? | apa maksud kata-kata | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral


atom