asimilasi

Apa itu asimilasi? merujuk pada istilah yang memiliki makna dan signifikansi tertentu. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai istilah ini, silakan merujuk pada tabel di bawah ini. Tabel tersebut menyediakan penjelasan sederhana mengenai arti, makna, dan maksud dari asimilasi. Artinya disusun berdasarkan subjek.


Iklan Sponsor

Pengertian asimilasi adalah:

Subjek Definisi
PKn / Pendidikan KewargaNegaraan ? asimilasi : perpaduan, percampuran yang harmonis, penerimaan yang merata
IPS / Ilmu Pengetahuan Sosial ? ~ Peleburan suatu kebudayaan ke dalam kebudayaan lainnya.


~ : proses peleburan dari dua atau lebih kebudayaan yang menghasilkan kebudayaan baru dan menjadi kebudayaan bersama.


~ : proses pencampuran dua kebudayaan dalam masyarakat.


~ : Suatu penyesuaian atau penyelarasan proses sosial dalam taraf lanjutan yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat pada orang-perorangan dua organisasi/badan usaha atau lebih.(Assimilation).


~ : suatu proses sosial yang ditandai oleh adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia dan usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindak, sikap dan proses-proses mental dengan memperhatikan kepentingan dan tujuan bersama. Misalnya, pertukaran pemuda atau pelajar antarnegara.


~ : usaha mengurangi perbedaan-perbedaan di antara individu atau kelompok dan mempertinggi kesatuan tindakan, sikap dan proses-proses mental dengan memperhatikan kepentingan dan tujuan bersama.

Sejarah ? ~ penyesuaian (peleburan) sifat-sifat asli yang dimiliki dengan sidat-sifat lingkungan sekitar.


~ : perpaduan antara dua kebudayaan yang memunculkan kebudayaan yang khas, perkembangan dari proses akulturasi


~ : Proses penyesuaian sifat-sifat asli yang dimiliki oleh budaya yang saling berbeda sehingga sifat asli mereka hilang dan muncul budaya yang sudah berkembang (beradab, maju).


~ : percampuran kebudayaan melalui perkawinan

Sosiologi ? ~ (assimilation) : usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan antarindividu atau antarkelompok guna mencapai satu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan-tujuan bersama.


~ , proses peleburan kebudayaan sehingga masing-masing pihak merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama.


~ : Merupakan proses sosial yang terjadi pada berbagai golongan manusia dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda setelah mereka bergaul secara intensif, sehingga sifat khas unsur-unsur kebudayaan golongan-golongan tersebut masing-masing berubah menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran.


~ : adalah usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan antar individu atau antar kelompok guna mencapai suatu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan bersama.


~ : pembauran antar etis.


~ : Percampuran antara dua hal atau lebih secara homogen.

Biologi ? ~ : merupakan proses pembentukan atau pembuatan makanan yang terjadi hanya pada tumbuhan hijau yang dapat menyerap cahaya matahari.
Antropologi ? ~ : Proses bertemunya dua atau lebih kebudayaan yang saling berinteraksi, kemudian masing-masing kebudayaan melebur dan membentuk kebudayaan baru.
Kesehatan ? ~ : Proses pengolahan zat pada tumbuh-tumbuhan yang mengandung butir hijau daun dengan pertolongan sinar matahari
Buku BSE Kelas 7 SMP IPS Siswa 2016 ? ~ : merupakan cara-cara bersikap dan bertingkah laku dalam menghadapi perbedaan untuk mencapai kesatuan dalam pikiran dan tindakan.

Proses asimilasi dapat dengan mudah terjadi melalui beberapa cara, antara lain dengan sikap toleransi, sikap saling menghargai orang lain dan kebudayaannya, persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan, serta perkawinan campuran.


~ : Penyesuaian diri terhadap kebudayaan dan pola-pola perilaku.

Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (KEMSOS) ? ~ : Proses perubahan pola kebudayaan untuk menyesuaikan diri dengan mayoritas
Lembaga Pemasyarakatan ? asimilasi, : adalah proses pembinaan narapidana dan anak didik pemasyarakatan yang dilaksanakan dengan membaurkan dengan narapidana dan anak didik pemasyarakatan di dalam kehidupan masyarakat, setelah menjalani ½ (setengah) dari masa pidananya.
Kamus Definisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ? asimilasi : asi.mi.la.si
[n]
(1) Sas penyesuaian (peleburan) sifat asli yang dimiliki dengan sifat lingkungan sekitar;
(2) Ling perubahan bunyi konsonan akibat pengaruh konsonan yang berdekatan;
(3) Bot pengolahan zat pada tumbuh-tumbuhan yang mengandung butir hijau daun dengan pertolongan sinar matahari; pengubahan zat bertenaga rendah menjadi zat bertenaga tinggi yang diproses oleh tumbuhan
Malaysia (Dewan) ? asimilasi : 1. : proses menukarkan makanan berzat menjadi tisu hidup;
2. : Id paduan bunyi (konsonan) spt ahlul-nujum menjadi ahlun-nujum;
3. : pemaduan bermacam-macam jenis atau berbagai-bagai unsur menjadi satu (spt pemaduan unsur-unsur drpd kebudayaan yg berlainan menjadi satu kebudayaan);
Definisi ?
Sinonim asimilasi
n 1 peleburan, pembauran, penyerapan, percampuran, perpaduan; 2 fotosintesis, pernapasan;
Iklan Sponsor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan merinci mengenai istilah/kata asimilasi, disarankan untuk merujuk pada sumber-sumber terpercaya seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), serta Google Scholar untuk literatur akademis yang memiliki kredibilitas tinggi.

Iklan Sponsor

Wikipedia juga dapat menjadi referensi yang informatif untuk umum, sementara Kamus Dewan dapat memberikan perspektif linguistik yang lebih mendalam dalam bahasa Malaysia. Dengan menggabungkan sumber-sumber ini, Anda dapat memperluas pemahaman Anda mengenai asimilasi secara menyeluruh.

Cek Wikipedia dan Wiktionary?

Telusuri

Cek Google scholar:

semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “asimilasi” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.