Lompat ke konten

adegan

Arti Kata Adegan Adalah

Apa sih yang dimaksud dengan kata atau istilah adegan? Glosarium.org mengumpulkan beberapa pengertian atau arti dari kata tersebut pada beberapa kamus dan subjek berikut ini: Basa Sunda, Drama, Linguistik, Sastra, Tari Dan Drama Tari, Malaysia, KBBI, dll.

Kita sajikan artinya menggunakan tabel berdasarkan bidang maupun kamusnya, dengan maksud untuk mempermudah penjelasan kata adegan.

Pengertian adegan adalah:

SubjekDefinisi
Linguistik ?adegan : Bagian dari babak dalam lakon atau bagian dari peristiwa yang ditampilkan dalam sebuah lakon
sastra. ?adegan : Dalam Bahasa Inggris dan Prancis disebut dengan istilah scene. Makna dari istilah ini adalah: (1) tempat terjadinya suatu peristiwa; (2) kesatuan terkecil pada suatu pertunjukan drama atau bagian dari babak dalam drama (teater tradisional, film, dan lain-lain) yang ditandai dengan tampilnya pelaku baru, atau terjadinya perubahan situasi dalam cerita. Dalam satu adegan, lakon yang digambarkan tidak mengalami perubahan tempat serta waktu, dan tidak pula terjadi penambahan atau pengurangan pemain. Pergi atau datangnya pemain akan mengubah susunan kelompok dan dengan demikian menghasilkan adegan baru; (3) suatu unit lakuan drama yang menghasilkan suatu pokok masalah atau suatu akibat tertentu; (4) keastuan terkecil dalam naskah drama. Macam-macam adegan: (1) adegan berat; adegan yang memperlihatkan berbagai masalah yang sedang membebani pikiran atau perasaan pelaku hingga menimbulkan suasana tegang. Contoh: adegan yang memperlihatkan rasa marah yang tak tertahankan, atau rasa takut amat mengerikan. (2) adegan gunjingan pelayan; dalam Bahasa Inggris disebut feathur dusting scene. Maksudnya suatu adegan pada pembukaan drama yang biasanya menggambarkan gunjingan para pelayan rumah tangga. Pada adegan ini, pelayan menggambarkan suasana, dan pengenalan tokoh drama tersebut. Misalnya, adegan pembukaan pada Sandiwara Srimulat ketika pelayan rumah tangga muncul pertama lalu bergunjing tentang keadaan rumah tangga majikannya. (3) adegan kecil ; inset adegan kecil dalam satu adegan yang lebih besar. Semacam adegan yang menyisip dalam suatu adegan. (4) adegan meracau; dalam Bahasa Inggris disebut chew the scene. Istilah ini populer dalam teater yang berarti mengucapkan kata-kata manis, tetapi kosong artinya. Adegan ini dapat pula disebut meracau di atas pentas. (5) adegan pengikat; dalam Bahasa Inggris disebut suspense. Maksudnya adegan yang menimbulkan keingintahuan dan keterikatan para pembaca atau penonton drama kepada jalan cerita karena penyelesaian cerita yang belum atau tidak diungkapkan secara jelas; karya-karya drama banyak mempergunakan adegan pengikat ini. (6) adegan ringan; adegan yang memperlihatkan bahwa masalah yang dihadapi pelaku tidak membebani pikiran atau perasaann, sehingga segala sesuatu dapat berlangsung secara wajar. Contoh: adegan yang memperlihatkan orang sedang menikmati hiburan. (7) adegan terbuka; istilah ini digunakan khususnya pada dunia teater yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah breakaway scenery. Maksud istilah ini adalah adegan yang diubah bentuknya dengan disaksikan langsung oleh penonton. (8) adegan wajib; istilah Bahasa Inggrisnya adalah obligatory scene; scene a faire. Maksudnya adalah adegan yang sangat diharapkan terjadi oleh pembaca atau penonton karya drama; tanpa terjadinya adegan tersebut, para pembaca atau penonton akan kecewa.
drama ?adegan : adalah bagian dari babak yang menggambarkan satu suasana yang merupakan bagian dari rangkaian suasana-suasana dalam babak.


adegan : Adegan adalah bagian dari babak. Sebuah adegan hanya menggambarkan satu suasana yang merupakan bagian dari rangkaian suasana-suasana dalam babak. Setiap kali terjadi penggantian adegan tidak selalu diikuti dengan penggantian setting.


adegan : Tiap-tiap babak terdiri dari beberapa adegan dan tiap-tiap adegan tidak disertai oleh perubahan dekorasi

Tari Dan Drama Tari ?adegan (Bs. Jw.) : adalah bagian dari babak (lihat babak) pada sebuah pementasan drama.
Perfilman ?adegan : bagian babak dalam lakon/kisah. (sumber www.enjang.com)
KamusDefinisi
Bahasa Indonesia (KBBI) ?adegan : ade.gan [n] (1)pemunculan tokoh baru atau pergantian susunan (layar) pada pertunjukan wayang; (2) bagian babak dalam lakon (sandiwara film): beberapa — dalam film itu telah dipotong oleh bagian sensor
Basa Sunda ?adegan : adegan
Malaysia (Dewan) ?adegan : Jw bahagian drpd babak (sandiwara, wayang): ia berlakon dgn baik dlm ~ di atas kapal;
Definisi ?adegan : kb, bagian babak dalam lakon sandiwara, film, atau sinetron.; adegan kecil : bagian adegan dari adegan yang lebih besar.
Sinonimadegan
n bab, babak, bagian, episode, fragmen, potongan, putaran, segmen

Jika kesulitan untuk melihat tabel pada pengguna peramban mobile, saya sarankan untuk mencoba mengusap slide tabelnya ke arah kiri atau menggunakan mode lanskap agar tabel menjadi lebih lebar.

Mengenai definisi kata-kata yang ada pada situs ini semuanya memiliki sumber, oleh karena itu, bagi yang membutuhkan sumber artinya, dapat menghubungi pihak website ini melalui email, facebook, twitter, dan juga Youtube Channel. Akan tetapi dibutuhkan waktu setidaknya satu minggu prosesnya.

Semoga bermanfaat ulasan sederhana ini mengenai arti dari kata adegan. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin kata ini akan dilengkapi dengan contoh penggunaan kata dan juga penjelasan yang lebih lengkap dan interaktif melalui video.

Jangan lupa juga Subscribe Youtube channel kita di Glosarium Online ya guys! untuk Update kata-kata menarik, viral dan populer yang ada di situs ini.


Penjelasan singkat | Istilah pada bidang | apa makna yang terkandung | arti kata adegan | artinya apaan sih? | apa maksud kata-kata | apa terjemahan dalam bahasa Indonesia | Kata-kata viral


adegan